PENGABDIAN
kepada Masyarakat
Pengenalan Eksperimen Sederhana dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Lombok Tengah
Abstract:
Telah dilakukan pengabdian kepada masyarakat berupapengenalan eksperimen sederhana dalam pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar fisika. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengenalan ini adalah eksperimen secara langsung. Eksperimen yang diberikan berkaitan dengan tekanan dan optik. Secara umum kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu persiapan, sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi serta refleksi. Kegiatan pengabdian telah dilakukan dengan baik. Berdasarkan angket evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa puas dan antusias dalam melaksanakan eksperimen. Namun yang menjadi sorotan adalah aspek waktu. Hal ini disebabkan karena siswa merasa waktu yang diberikan dalam membahas setiap materi dirasa kurang. Secara umum, berdasarkan angket siswa merasa termotivasi dalam belajar melalui eksperimen yang dilanjutkan dengan pembelajaran teori.
Peningkatan Mutu Pembelajaran melalui Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Lesson Study
Abstract:
Teacher professionalism plays an important role in education because it determines the quality of teaching and learning in the classroom. One aspect of teacher professionalism is the ability to design good learning and skills in using learning media to increase learning effectiveness. The existing phenomenon is that teachers are not optimal in designing lesson plans that utilize attractive and interesting learning media. Therefore, efforts are needed to improve the ability of teachers in designing good lesson plans by utilizing learning media. This community service aims to provide understanding and knowledge to teachers in utilizing the media as a learning tool and applying the principles of lesson study to the learning process. The service is carried out in two stages, namely training in the form of workshops and mentoring for model teachers. The results of the mentoring show the teacher's understanding of the importance of using learning media. In addition, teachers also have knowledge in designing learning with the principle of lesson study to be applied in the implementation of learning in the classroom.
Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi Berbasis Produk bagi Calon Guru melalui Kegiatan Study Group Prodi Tadris Fisika FTK UIN Mataram
Abstract:
Kompetensi di bidang teknologi informasi di Era Revolusi Industri 4.0 menjadi suatu keniscayaan terutama bagi seorang calon pendidik. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengasah kompetensi teknologi informasi di bidang pendidikan bagi calon guru di Prodi Tadris Fisika FTK UIN Mataram dengan berbasis produk. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 September sampai 9 Oktober 2019 di Ponpes Darul Qur’an (Kampus Relokasi UIN Mataram). Peserta kegiatan terdiri atas calon guru (mahasiswa semester V dan VII Prodi Tadris Fisika FTK UIN Mataram). Materi pengabdian terdiri atas 1) penggunaan Google Classroom, 2) pembuatan video pembelajaran, 3) blog pembelajaran, 4) media poster (leaflet) dan 5) penyusunan soal berbasis komputer (CBT). Pengabdian dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu pemberian materi setiap pekan, pendampingan dalam bentuk praktik langsung, penugasan, dan penilaian terhadap produk yang telah dilakukan. Setiap peserta dibagi menjadai beberapa kelompok untuk mengurai keterbatasan peserta yang tidak memiliki laptop atau smartphone. Di akhir pengabdian peserta diberikan form isian melalui Google Form sebagai bahan evaluasi pelaksaan study group. Berdasarkan analisis respon peserta terhadap kegiatan study group, rata-rata peserta memberi tanggapan dengan kategori sangat baik. Produk yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Blog Prodi Tadris Fisika, Channel Youtube Prodi Tadris Fisika, video pembelajaran, poster (leaflet) pebelajaran dan soal CBT fisika.
Kelas Inspirasi Berbasis Media Real melalui Pendekatan Lesson Study
Abstract:
Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas sehingga meningkatkan mutu pendidikan di MI NW Gelogor Montong Tangi Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur NTB. Jumlah peserta yang dilibatkan dalam pengabdian ini 20 orang guru dan 15 siswa kelas VI. Metode pengabdian masyarakat diawali dengan observasi awal, kegiatan FGD (Focus Group Disscussion), dan kegiatan workshop. Meninjau karakteristik peserta didik usia anak SD/MI yang senang bermain, dalam fase operasional konkret dan senang mencoba dalam kebersamaan, penerapan media pembelajaran khususnya media real menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Pendekatan lesson study tentunya menjadi sumber inspirasi pembelajaran bersama terhadap kekurangan dan kelebihan yang dilakukan oleh semua anggota lesson study mulai dari plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi). Hasil pengabdian menunjukkan adanya antusiasme dan partisipasi aktif dari peserta mulai dari acara pembukaan, penyampaian materi workshop dan implementasi lesson study di dalam kelas. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat kelas inspirasi berbasis media real dengan pendekatan lesson study guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran. Pada akhirnya guru dapat mengeimplementasikan rancangan pembelajaran berbasis media tersebut dalam proses pembelajaran sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas.